Laman

Rabu, 27 April 2011

15 Pulau Terluas di Dunia

Sebagian besar permukaan bumi kita ini adalah perairan. Sekitar 2/3 permukaan bumi berupa lautan, sedangkan sisanya adalah daratan. Karena laut lebih luas dibandingkan daratan, tentunya banyak terbentuk pulau-pulau. Tapi diantara semua pulau di dunia, manakah pulau terluas? Berikut ini adalah informasi tentang 15 pulau terluas di dunia versi blog saya.

15) Luzon, Filipina
Sebagai negara kepulauan, Filipina tentu memiliki banyak pulau besar, tapi manakah pulau terluas di Filipina? Ternyata, pulau Luzon merupakan pulau terbesar di Filipina. Selain itu, Pulau Luzon merupakan pulau terpenting di Filipina, karena pusat politik dan perekonomian Filipina. Bahkan ibukota sekaligus kota terbesar di Filipina, Manila ada di pulau ini. Tak hanya itu, di pulau inilah salah satu keajaiban alam Filipina terdapat, yakni Terassering Banaue. Pulau Luzon memiliki luas sekitar 109,965 km2.  

14) North Island, Selandia Baru
Merupakan salah satu dari dua pulau penting di Selandia Baru, North Island merupakan pulau terpadat di Selandia Baru. Tak hanya itu, North Island merupakan pulau terpenting di Selandia Baru, karena merupakan pusat perekonomian dan politik negeri 'Kiwi' tersebut. Kota terbesar Selandia Baru, Auckland dan ibukota Selandia Baru, Wellington terletak di pulau ini. Pulau ini memiliki luas 111,583 km2.

13) Jawa, Indonesia
Inilah dia. Pulau Jawa merupakan pulau terluas ketiga belas di Indonesia. Pulau Jawa memiliki luas 138,794 km2. Walaupun wilayahnya tergolong sempit dan bergunung-gunung, pulau ini merupakan pulau terpadat di Indonesia, sekaligus di dunia. Jumlah penduduknya mencapai 136 juta jiwa sesuai dengan sensus penduduk tahun 2010, sedangkan kepadatan penduduknya sekitar 1,029 jiwa/km2. Tak hanya itu, pulau Jawa merupakan pusat ekonomi, politik, dan sosial budaya bagi Indonesia. Ibukota sekaligus kota terbesar di Indonesia, Jakarta terletak di pulau ini.

12) South Island, Selandia Baru
Memiliki luas sekitar 145,836 km2, South Island merupakan pulau terluas di Selandia Baru. Namun berbeda dengan saudaranya, North Island, pulau ini jarang berpenghuni. Sebagian besar tanahnya berupa pegunungan dan curam yang terjal.

11) Sulawesi, Indonesia
Sulawesi merupakan pulau terluas keempat di Indonesia, dan kesebelas di dunia. Pulau di zona peralihan Indonesia ini memiliki luas sekitar 180,681 km2. Kota terbesar di pulau ini adalah Makassar, yang mana merupakan ibukota dan kota terbesar provinsi Sulawesi Selatan. Dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia, Sulawesi masih tergolong agak primitif. Beberapa wilayah pedalaman Sulawesi masih belum terjangkau jalan raya, listrik, sistem komunikasi, dan infrastuktur lain.

10) Ellesmere, Kanada
Pulau Ellesmere di Kanada merupakan salah satu pulau terluas di dunia. Pulau ini memiliki luas sekitar 196,236 km2. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan bersalju, gletser, dan fjord. Pulau ini sangat jarang berpenghuni. Sesuai sensus penduduk tahun 2006, penduduk tetap pulau ini hanya 141 orang.

9) Inggris Raya, Inggris
Terdiri dari 3 wilayah territorial utama, England, Skotlandia, dan Wales, Inggris Raya merupakan pulau terluas di benua Eropa. Luasnya sekitar 209,331 km2. Selain itu, Inggris Raya juga merupakan pulau terpadat ketiga di dunia setelah Jawa di Indonesia dan Honshu di Jepang. Ibukota dan kota terbesar kerajaan Inggris, London terletak di pulau ini.

8) Victoria, Kanada
Memiliki luas sekitar 217,291 km2, Victoria merupakan pulau terluas kedua di Kanada dan kesembilan di dunia. Ukurannya sekitar dua kali lebih besar dari pada luas pulau New Foundland, dan sedikit lebih besar dibandingkan pulau Inggris Raya. Sama seperti pulau Ellesmere di urutan sebelumnya, pulau ini jarang berpenghuni.

7) Honshu, Jepang
 
Selain sebagai salah satu pulau terpadat di dunia, pulau Honshu merupakan pulau terluas di Jepang dan ketujuh terluas di dunia. Luasnya sekitar 225,800 km2. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan, dan dataran rendah yang sempit. Tanahnya penuh bencana dan tidak subur.Namun sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di bidang industri, jasa, perdagangan, dan perikanan. Di pulau Honshu, terdapat ibukota dan kota terbesar 'Negeri Sakura' ini, yaitu Tokyo.

6) Sumatra, Indonesia
Ini dia pulau terbesar ketiga di Indonesia. Luas pulau Sumatra mencapai 443,066 km2. Walaupun kota-kota di Sumatra termasuk ramai, wilayah pedalaman di pulau ini masih sangat primitif. Banyak penghuni suku pedalaman Sumatra seperti suku Anak Dalam, Kubu, dan lain-lain. Di pulau Sumatera, terdapat bunga terbesar di dunia, yakni bunga Rafflesia Arnoldii atau yang biasa kita kenal dengan bunga Rafflesia.

5) Baffin, Kanada
Pulau Baffin memiliki luas mencapai 507,451 km2. Pulau Baffin ditemukan oleh William Baffin, seorang penjelajah berkebangsaan Inggris. Pulau ini merupakan pulau terluas di Kanada dan terluas kelima di dunia.





4) Madagaskar, Madagaskar
Pernah menonton film Madagascar? Film yang diperankan oleh 4 tokoh utama seperti Alex si Singa, Marty si Zebra, Gloria si Kudanil, dan Melman si Jerapah ini menceritakan bahwa mereka terdampar di pulau yang satu ini. Madagaskar merupakan sebuah negara pulau yang terletak di Afrika bagian Selatan. Memiliki luas mencapai 587,713 km2, Pulau Madagaskar merupakan pulau terluas keempat di dunia. Pulau Madagaskar merupakan salah satu pulau terunik di dunia. Di pulau ini banyak flora dan fauna unik seperti lemur, fossa, pohon baobab, dan lain-lain.

3) Kalimantan, Indonesia-Malaysia-Brunei
Kalimantan merupakan pulau terluas ketiga di dunia. Luas pulau ini mencapai 748,168 km2. Kalimantan dibagi menjadi berbagai wilayah:
-) Indonesia:
   -) Kalimantan Barat
   -) Kalimantan Tengah
   -) Kalimantan Selatan
   -) Kalimantan Timur
-) Malaysia:
   -) Sarawak
   -) Sabah
   -) Labuan
-) Brunei
Kalimantan memiliki berbagai keindahan flora dan fauna seperti orangutan, badak, gajah, bunga kantung semar, dan lain-lain. Gunung tertinggi di pulau ini adalah gunung Kinabalu.

2) Papua, Indonesia-Papua Nugini
Ini dia pulau terluas kedua di dunia. Pulau yang terdiri dari dua negara ini luasnya mencapai 785,753 km2. Walaupun pulau ini luas, tanahnya sebagian besar berupa pegunungan dan lembah. Puncak tertinggi pulau ini adalah Puncak Jaya di Papua bagian Indonesia. Banyak terdapat tambang emas dan tembaga di pulau ini.

1) Greenland, Denmark
Dan inilah dia pulau terluas di dunia. Greenland, walaupun bukan terletak di Denmark namun pulau ini berada di bawah kekuasaan Denmark. Luasnya mencapai 2,130,800 km2, atau sekitar 2 kali luas dari pulau Papua. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan bersalju, gletser, dan fjord. Penduduknya pun jumlahnya sangat sedikit.

Itulah 15 pulau terluas di dunia versi blog saya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar